(Kajian Serapan Anggaran)
Data
updated: Posisi 30 Sept 2014
Pengantar
Total Belanja APBD NTB TA. 2014 adalah senilai Rp.
2,897 Triliun (Rp. 2.897.422.574.129), terdiri dari Belanja Langsung Rp. 1,199
Triliun (Rp. 1.199.217.315.289) dan Belanja Tidak Langsung Rp. 1,698 Triliun (Rp.
1.698.205.258.840).
Sampai dengan Triwulan III, realisasi penyerapan
anggaran mencapai 54,94 % atau setara
dengan Rp. 1,592 Trilyun. Sehingga masih tersisa anggaran yang harus
direalisasikan selama 3 bulan sisa waktu (2,5 bulan effektif) senilai Rp. 1,305
Trilyun.
Sementara itu jumlah SKPD di lingkup Pemprov NTB
Tahun 2014 ini adalah sebanyak 44 SKPD.
Analisis didasarkan pada data progress Kegiatan
APBD NTB yang dilansir oleh Pemprov NTB (tersedia dalam www.biroap.ntbprov.go.id click TV
Monitor TEPPA)
I.
Progress
Realisasi Keuangan dan Fisik s.d Triwulan III
Deviasi (selisih)
atau kesenjangan antara target dan
realisasi tahun ini sangat besar. Secara umum, realisasi keuangan dan
fisik sampai dengan Triwulan III ini
belum sesuai target yang direncanakan. Pada triwulan III, rencana keuangan 71%
namun realisasi yang berhasil dicapai baru 54,94% (selisih: 16,06 %). Demikian
pula untuk fisik, rencana 80% namun baru terealisasi 54,47% (selisih: 25,53%).
Progress ini
jika ditinjau untuk trend sepanjang tahun berjalan, sebenarnya merupakan
pengulangan dari dua triwulan sebelumnya. Bahkan semakin mendekati akhir tahun,
kesenjangan antara target dan realisasi semakin besar.
Dibanding 2 triwulan
berikutnya, pada Triwulan III ini deviasi
pencapaian realisasi terhadap target yang direncanakan adalah yang
paling besar. Selain itu, ada trend selisih yang semakin membesar antara target
dan realisasi mulai dari triwulan I sampai triwulan III, yang menunjukkan bahwa
pemerintah belum mampu menutup kesenjangan antara target dan realisasi, bahkan menuju
ke akhir tahun, kesenjangannya justru semakin membesar. Hal ini menunjukkan
bahwa proses pengendalian penyerapan anggaran dan akselerasi pencapaian
progress belum efektif.
TABEL. Realisasi Keuangan
Kegiatan APBD NTB TA 2014 s.d Triwulan III
|
|||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
||
Realisasi keu 2014
|
14.31
|
32.27
|
54.94
|
|
|
Target Keu 2014
|
20.00
|
43.00
|
71.00
|
|
|
Deviasi (-)
|
-5.69
|
-10.73
|
-16.06
|
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor TEPPA NTB, update data per 30
September 2014
TABEL. Realisasi Fisik
Kegiatan APBD NTB TA 2014 s.d Triwulan III
|
|||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
||
Realisasi Fisik 2014
|
15.41
|
35.79
|
54.47
|
|
|
Target Fisik 2014
|
22.00
|
50.00
|
80.00
|
|
|
Deviasi (-)
|
-6.59
|
-14.21
|
-25.53
|
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
Sementara
itu, dibandingkan dengan tahun lalu
(2013), kinerja realisasi keuangan dan fisik tahun 2014 ini lebih rendah,
artinya kemampuan pemerintah melakukan penyerapan anggaran pada 3 triwulan pertama
ini lebih buruk dibanding dengan tahun sebelumnya. Sebagai contoh, pada Triwulan III tahun
2014 ini realisasi keuangan hanya mencapai 54,67% jauh lebih rendah dibanding
tahun sebelumnya (2013) yang mampu mencapai realisasi keuangan sebesar 64%. Sementara
realisasi fisik pada tahun 2014 mencapai 54,36% juga jauh lebih rendah
dibanding tahun 2013 dengan realisasi fisik 67%.
TABEL. Perbandingan Realisasi
Keuangan Kegiatan APBD NTB 2014 dan 2013
|
||||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
|||
Realisasi Keu 2014
|
14.31
|
32.27
|
54.94
|
|||
Realisasi Keu 2013
|
18
|
41
|
64
|
|||
Deviasi (-)
|
-3.69
|
-8.73
|
-9.06
|
|||
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
TABEL. Perbandingan Realisasi
Fisik Kegiatan APBD NTB 2014 dan 2013
|
|||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
||
Realisasi Fisik 2014
|
15.44
|
35.79
|
54.47
|
||
Realisasi Fisik 2013
|
21
|
42
|
67
|
||
Deviasi (-)
|
-5.56
|
-6.21
|
-12.53
|
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
Realisasi
Belanja Langsung jauh lebih rendah dibandingkan dengan Realisasi Belanja Tidak Langsung. Artinya,
Laju pengeluaran “Biaya Tukang” lebih cepat dari kinerja “Tukang”nya. Pada Triwulan III 2014 ini, realisasi
keuangan dan fisik Belanja Tidak Langsung terealisasi sebesar 65,2 %, sementara
realisasi Belanja Langsung hanya 40,42% (selisih: 24,78%). Sebagaimana
diketahui, Belanja Tidak Langsung adalah belanja yang penerima manfaat
langsungnya adalah birokrasi pemerintah, sementara Belanja Langsung adalah
belanja berorientasi masyarakat yang manfaatnya langsung dinikmati oleh
masyarakat. Situasi ini menunjukkan bahwa laju belanja anggaran operasional
kerja pemerintah jauh lebih cepat dibanding kinerjanya dalam membelanjakan
anggaran yang penerima manfaatnya adalah publik. Dalam bahasa sederhana, laju
pengeluaran anggaran untuk “biaya tukangnya” jauh lebih maju dibanding realisasi
pembangunannya. Pengeluaran rakyat untuk “Biaya tukang” sudah sampai 65,2 %,
tapi kinerja tukang dalam merealisasikan pembangunan baru 40,42 %, selisihnya
sampai 24,78 %.
TABEL. Realisasi Keuangan
Belanja Langsung dibandingkan Belanja Tidak Langsung TA 2014 s.d Triwulan III
|
||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
|
Realisasi Keu BL 2014
|
n.a
|
n.a
|
40.42
|
|
Realisasi Keu BTL 2014
|
n.a
|
n.a
|
65.2
|
|
Deviasi (-)
|
|
|
-24.78
|
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
TABEL. Realisasi Fisik Belanja Langsung dibandingkan Belanja Tidak
Langsung TA 2014 s.d Triwulan III
|
||||
|
Triwulan I
|
Triwulan II
|
Triwulan III
|
|
Realisasi Fisik BL 2014
|
n.a
|
n.a
|
40.42
|
|
Realisasi Fisik BTL 2014
|
n.a
|
n.a
|
65.2
|
|
Deviasi (-)
|
|
|
-24.78
|
Sumber: diolah dari Form A, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
II.
Progress
Keuangan dan Fisik SKPD Per Kelompok Capaian Progress
Hanya 5 SKPD
yang Progress Keuangannya Mendekati Target. Ditinjau dari segi progress
realisasi keuangan, dari 44 SKPD Pemprov
NTB, hanya 5 SKPD yang masuk pada Zona BIRU. Sementara sisanya, 39 SKPD masih
belum memenuhi target yang direncanakan, terdiri dari 19 SKPD pada Zona KUNING,
dan 20 SKPD berada pada Zona MERAH.
Dari 5 SKPD yang berada pada Zona Biru, jika
mengacu pada target yang ditetapkan sebesar 71%, tidak satupun SKPD mampu melampaui target
yang telah ditetapkan. SKPD yang realisasi keuangannya mendekati angka target
itu adalah Korpri (realisasi: 68,3%), itu pun masih ada selisih 2,7%. Sementara
itu ada 7 SKPD realisasi keuangannya masih dibawah 50%.
TABEL. Progress Realisasi
Keuangan SKPD per Kelompok Capaian Progress (Zona).
Posisi 30 September 2014
|
|||||
Range Progress (%)
|
SKPD
|
Realisasi Keu (%)
|
SKPD
|
Realisasi Keu (%)
|
Jumlah
|
>65
|
Korpri
|
68.03
|
Biro Pembangunan
|
65.77
|
5 SKPD
|
Diskop UMKM
|
66.02
|
Satpol PP
|
65.06
|
|
|
BPBD
|
65.89
|
|
|
|
|
55-65
|
Bakesbangpol
|
64.94
|
BP3AKB
|
61.41
|
19 SKPD
|
KPID
|
64.73
|
BPMPD
|
60.6
|
||
Biro Kesda
|
64.72
|
Setwan
|
60.09
|
||
Disos Dukcapil
|
64.07
|
BLHP
|
59.24
|
||
Biro Keu +SKPKD
|
63.46
|
Dishut
|
57.4
|
||
Dispenda
|
63.14
|
Dishubkominfo
|
57.35
|
||
Biro Hukum
|
62.98
|
Disnakertrans
|
57.31
|
||
Distamben
|
62.78
|
BKP
|
57.13
|
||
BKPMPT
|
62.05
|
Bappeda
|
55.34
|
||
Inspektorat
|
61.78
|
|
|
||
<55
|
Biro Umum
|
54.39
|
Dikes
|
48.64
|
20 SKPD
|
Bakorluh
|
54.14
|
Diperindag
|
47.58
|
||
Biro Ekonomi
|
54
|
Disbun
|
46.73
|
||
Biro Pemerintahan
|
53.99
|
Biro Organisasi
|
46.45
|
||
Baperpus Arsip
|
53.91
|
Disnak Keswan
|
45.16
|
||
Diperta TPH
|
51.28
|
Disbudpar
|
43.8
|
||
Dikpora
|
51.16
|
Dinas PU
|
43.21
|
Sumber: Form B, TV Monitor TEPPA NTB,
update data per 30 September 2014
13 SKPD
Progress Fisiknya Buruk. 8 SKPD diantaranya Progress Fisiknya sangat jauh
dibawah target. Ditinjau dari segi progress realisasi fisik, dari 44 SKPD
Pemprov NTB, hanya 9 SKPD yang masuk Zona BIRU atau aman. Sebagian besar masih
berada pada Zona KUNING sebanyak 22 SKPD, dan
Zona MERAH 13 SKPD.
Untuk kelompok SKPD yang berada dalam Zona MERAH situasinya
lebih diperparah oleh fakta bahwa sebagian besar (8 SKPD) tersebut, ternyata
realisasi fisiknya masih dibawah 50%, atau kinerjanya berselisih hingga 5% dari
target tertinggi yang ditetapkan untuk
Triwulan III sebesar 55%.
TABEL. Progress Realisasi
Keuangan SKPD per Kelompok Capaian Progress (Zona).
Posisi 30 September 2014
|
|||||
Range Progress (%)
|
SKPD
|
Realisasi Keu (%)
|
SKPD
|
Realisasi Keu (%)
|
Jumlah
|
>65
|
BPBD
|
68.75
|
Diperta TPH
|
65.55
|
9 SKPD
|
Korpri
|
68.03
|
Satpol PP
|
65.06
|
||
Biro Pembangunan
|
67.93
|
Disbun
|
65.05
|
||
Distamben
|
67.05
|
Biro Keu + SKPKD
|
65.05
|
||
Diskop UMKM
|
66.02
|
|
|
||
55-65
|
Bakesbangpol
|
64.94
|
Biro Pemerintahan
|
60.98
|
22 SKPD
|
KPID
|
64.73
|
BPMPD
|
60.6
|
||
Biro Kesra
|
64.72
|
BLHP
|
59.24
|
||
Disos Dukcapil
|
64.07
|
Diperindag
|
58.89
|
||
Setwan
|
63.28
|
Disnak Keswan
|
58.4
|
||
Dispenda
|
63.14
|
Dishut
|
57.4
|
||
Biro Hukum
|
62.98
|
Dishubkominfo
|
57.35
|
||
BKPMPT
|
62.05
|
Disnakertrans
|
57.31
|
||
Inspektorat
|
61.78
|
Biro Umum
|
55.69
|
||
BKP
|
61.7
|
Bappeda
|
55.34
|
||
BP3AKB
|
61.41
|
Baperpus Arsip
|
55.29
|
||
<55
|
Bakorluh
|
54.14
|
Biro Organisasi
|
46.85
|
13 SKPD
|
Biro Ekonomi
|
54
|
Dinas PU
|
45.61
|
||
Dikpora
|
51.16
|
Disbudpar
|
43.8
|
||
BKD Diklat
|
50.8
|
RSUP
|
42.75
|
||
Ktr. Penghubung
|
50.58
|
RSJP
|
40.99
|
||
Dislutkan
|
48.81
|
Biro Kesra
|
40.5
|
||
Dikes
|
48.64
|
|
|
Sumber: Form B1, TV Monitor TEPPA NTB,
update data per 30 September 2014
III.
Progress
Aktivitas Lelang SKPD
Dari Total Belanja APBD 2014 senilai Rp. 2,897
Triliun (Rp. 2.897.422.574.129), tahun ini Pemprov telah menetapkan sebanyak 304 paket untuk dilelang melalui
ULP, dengan nilai sebesar Rp. 582,883 Milyar. Ratusan paket lelang tersebut
tersebar pada 31 SKPD. Dilihat dari nilainya, ada 2 SKPD dengan nilai terbesar
yang akumulasinya mencapai hingga 75% dari total nilai tender, yakni Dinas PU
(Rp. 271, 491 Milyar) dan RSU Provinsi NTB (Rp. 170,600 Milyar).
Sementara itu, dari total nilai paket lelang
sebesar Rp. 582,883 Milyar tercatat adanya 19 paket strategis dengan nilai Rp. 267,487 Milyar (45,71% dari total nilai
lelang), yang tersebar di 4 SKPD, meliputi Dinas PU, RSU Provinsi NTB, RSJ, dan
Biro Umum. Untunglah, sampai akhir September ini 19 Paket strategis tersebut
sudah selesai lelang, meski tak ada informasi yang memadai mengenai sejauhmana
impelementasi pelaksanaan proyeknya.
Di Dinas PU, Paket Strategisnya terdiri dari 5
paket berupa pembangunan perumahan layak huni yang tersebar di seluruh
kabupaten/kota, pengadaan konstruksi
Jalan PRIM NTB sebanyak 6 paket, dan Pengadaan Konstruksi Islamic Center 1
paket. Di RSU Provinsi NTB ada 6 paket strategis berupa pembangunan lanjutan
Gedung RSU Provinsi NTB. Sementara di RSJ Prov NTB cuma ada 1 paket strategis
yakni Renovasi dan Perluasan Bangunan RSJ.
Memasuki
Oktober (waktu tinggal 2,5 Bulan Efektif), masih ada 41 paket yang BELUM
SELESAI LELANG sehingga perlu akselerasi. Mengenai kinerja pelelangan, dari
total 304 paket lelang tersebut, sampai Triwulan III (per 30 September), jumlah
paket yang belum selesai lelang relatif cukup besar mencapai 13,49% atau
sebanyak 41 paket, yang tersebar di 19 SKPD. 41 paket yang belum selesai lelang
ini nilai totalnya adalah sebesar Rp. 59,533 Milyar atau sekitar 10 persen
lebih dari nilai keseluruhan lelang tahun ini. Paket yang belum selesai lelang
ini berdasar tahapannya, terdiri dari paket yang Belum mengajukan Lelang (Rp.
4,855 Milyar), sedang dalam tahap Verifikasi Dokumen Lelang (Rp. 14,486 Milyar),
dan paket yang Sedang (di) Lelang (Rp. 40,192 Milyar).
Karena yang sedang dalam proses lelang ada 21 paket, masih tersisa 20 paket yang
belum mulai lelang (16 paket belum mengajukan lelang dan 4 paket masih verifikasi dokumen).
Besarnya jumlah paket yang belum juga selesai
lelang hingga Awal Oktober ini sebanyak 41 Paket harus mendapatkan perhatian
lebih dari para Kepala SKPD bersangkutan dan Atasan Langsungnya, untuk segera
diidentifikasi masalahnya dan segera dicarikan solusi agar segera bisa
diakselerasi.
Dari 20
Paket yang Belum mulai Lelang, ada 3 SKPD yang perlu Perhatian Khusus
(Disbudpar, Dinas Pertanian TPH, dan Baperpus Arsip). 20 paket yang belum
mulai lelang ini tersebar di 10 SKPD. Sementara Jumlah paket terbesar yang
belum dilelang ada di Disbudpar sebanyak 6 paket (nilai Rp. 1,265 Milyar) sehingga
perlu perhatian lebih. Namun demikian, Meski jumlah paket terbesar yang belum
lelang ada di Disbudpar, dari segi nilai, 2 SKPD juga patut mendapat perhatian
khusus mengingat nilainya yang lumayan besar, yakni Dinas Pertanian TPH (1
paket/Rp. 11,471 Milyar/tahap verifikasi dokumen) dan Baperpus dan Arsip (2
paket/Rp. 2,738 Milyar/tahap verifikasi dokumen).
TABEL. Paket Proyek yang
Belum Selesai Lelang (Posisi 30
September 2014)
|
|||||||||
|
|
Blm Mengajukan Lelang
|
Verifikasi Dokumen
|
Sedang Lelang
|
|||||
No
|
SKPD
|
Jml Pkt
|
Rp. Juta
|
Jml Pkt
|
Rp. Juta
|
Jml Pkt
|
Rp. Juta
|
||
1
|
Disbudpar
|
6
|
1.265
|
|
|
|
|
||
2
|
Dinas Perkebunan
|
2
|
979
|
|
|
|
|
||
3
|
Dinas Kesehatan
|
2
|
747
|
|
|
|
|
||
4
|
Dikpora
|
2
|
660
|
|
|
|
|
||
5
|
Sekretariat DPRD
|
2
|
454
|
|
|
|
|
||
6
|
Disnak dan Keswan
|
1
|
450
|
|
|
|
|
||
7
|
Badan Ketahanan Pangan
|
1
|
300
|
|
|
|
|
||
8
|
Baperpus dan Arsip
|
|
|
1
|
11.471
|
|
|
||
9
|
Dinas Pertanian dan TPH
|
|
|
2
|
2.738
|
|
|
||
10
|
Biro Umum
|
|
|
1
|
277
|
|
|
||
11
|
Dinas PU
|
|
|
|
|
8
|
25.768
|
||
12
|
RSU
|
|
|
|
|
3
|
8.101
|
||
13
|
Disperindag
|
|
|
|
|
3
|
3.045
|
||
14
|
Disnak dan Keswan
|
|
|
|
|
2
|
1170
|
||
15
|
Dispenda
|
|
|
|
|
1
|
820
|
||
16
|
BKD Diklat
|
|
|
|
|
1
|
480
|
||
17
|
Diskop dan UMKM
|
|
|
|
|
1
|
358
|
||
18
|
Biro Organisasi
|
|
|
|
|
1
|
275
|
||
19
|
Bakesbang Poldagri
|
|
|
|
|
1
|
175
|
||
|
Jumlah
|
16
|
4.855
|
4
|
14.486
|
21
|
40.192
|
||
Sumber: diolah dari Form C, TV Monitor
TEPPA NTB, update data per 30 September 2014
Perlu
perhatian khusus untuk 14 Paket yang SEDANG LELANG di 3 SKPD (Dinas PU, RSU,
Disperindag). Demikian pula, perhatian khusus harus diberikan untuk
paket-paket yang sementara ini SEDANG dilaksanakan LELANG, khususnya di 3 SKPD,
yakni Dinas PU (8 paket/Rp. 25,768 Milyar), RSU (3 paket/Rp. 8,101 Milyar), dan
Disperindag (3 paket/Rp. 3,045 Milyar). Perhatian khusus yang diberikan lebih
pada bagaimana agar lelang segera tuntas dan perlunya pengendalian dalam
implementasinya untuk memastikan sejumlah proyek tersebut berjalan lancar.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar